Polemik Akun Fufufafa: Fakta Kabur yang Menciptakan Kebingungan Publik

Polemik Akun Fufufafa: Fakta Kabur yang Menciptakan Kebingungan Publik


Suara.com - Media sosial gempar. Jejak digital akun Kaskus bernama "fufufafa" menjadi perbincangan panas di dunia maya. Akun ini dituduh menghina pribadi dan keluarga Presiden terpilih, Prabowo Subianto. Sejumlah netizen berspekulasi bahwa akun ini dimiliki Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka.

Akun Fufufafa di Kaskus menjadi viral lantaran postingannya banyak menulis tentang Prabowo Subianto di tahun 2014, saat Prabowo masih jadi lawan politik Jokowi pada pemilihan presiden.

Kecurigaan mengenai Gibran sebagai pemilik akun Fufufafa bermula dari postingan seorang netizen dengan akun X @koalaangle. Netizen itu mengunggah tangkapan layar postingan Fufufafa yang menyebut nama-nama akun media sosialnya.

“Prime ID: Raka Gnarly (lupa password, gak bisa log in). Nama: Raka. Twitter: @rkgbrn.” Begitu isi tangkapan layar postingan Fufufafa yang diunggah ulang akun X @koalaangle.

Akun itu lalu membandingkan dengan tangkapan layar dari akun resmi Kaesang Pangarep, adik Gibran, yang mengucapkan selamat ulang tahun kepada Gibran. “Selamat ultah ibuk sama mas @rkgbrn,” cuitan Kaesang pada 2011.

Unggahan akun @/fufufafa selaras dengan unggahan akun @/Chilli_Pari. (X/@ARSIPAJA)
Unggahan akun @/fufufafa selaras dengan unggahan akun @/Chilli_Pari. (X/@ARSIPAJA)

Ada kesamaan nama akun @rkgbrn milik Gibran yang disebut akun fufufafa di Kaskus dengan cuitan Kaesang di X sehingga membuat netizen yakin Gibran lah pemilik akun Kaskus Fufufafa.

Pakar telematika Roy Suryo menemukan bahwa akun Fufufafa memiliki sekitar 5 ribu postingan ketika masih aktif. Dari 5 ribu tulisan yang pernah diposting akun Fufufafa, hampir setengahnya kini telah dihapus setelah kembali viral.

Sementara isi postingan itu menurut Roy Suryo, sekitar 70 persen berupa kritikan hingga ejekan kepada Prabowo Subianto.

"Dia selalu mengkritik, maaf dengan segala hormat, kepada presiden terpilih sekarang Pak Prabowo, mungkin sekitar 70 persen. Jadi sangat sering Fufufafa ini menyinggung soal statusnya Pak Prabowo yang tidak punya pendamping," ungkap Roy, dikutip dari tayangan video dikanal YouTube mantan Ketua KPK Bambang Widjojanto, Jumat (13/9/2024).

Bukan sekadar mengkritik, menurut Roy, postingan akun Fufufafa termasuk penghinaan bahkan cenderung kasar. Dia mencontohkan, akun Fufufafa itu juga pernah menyinggung tentang orientasi seksual anak tunggal Prabowo, Didit Hediprasetyo yang berprofesi sebagai desainer.

Hingga kini belum diketahui kebenaran isu Gibran sebagai pemilik akun Fufufafa. Gibran sendiri sudah membantahnya. Secara singkat ia meminta wartawan untuk bertanya kepada pemilik akun bukan kepada dirinya.

"Lha mbuh, takono sing nduwe akun (ndak tahu, tanya saja pemilik akunnya)," ucap Gibran di Solo, Jawa Tengah, Selasa (10/9/2024).

Walau begitu isu ini menjadi bola liar yang terus menggelinding di linimassa. Hal ini menurut Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) Jimly Asshiddiqie, adalah cermin rendahnya demokrasi.

"FUFUFAFA, tidak lain cermin tingkat peradaban demokrasi masih rendah & kampungan, sangat didominasi negative & black campaign, nyerang pribadi," kata Jimly, dikutip dari postingannya di akun X pribadinya, Minggu (15/9/2024).

Kalaupun memang benar pemilik akun tersebut memang milik Gibran, meski sudah dibantah oleh anak sulung Presiden Joko Widdodo tersebut, menurut Jimly, pembahasan mengenai Fufufafa sebaiknya dilupakan.

Anggota DPD RI itu menilai polemik Fufufafa berpotensi hanya untuk mengadu domba presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo-Gibran.

"Misalpun orangnya memang benar, kejadiannya waktu pilpres 10 tahun lalu. Sudah lah lupakan saja, apalagi kalau cuma untuk adu domba presiden terpilih vs wakilnya," ujarnya.

Sementara itu Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut tidak ada keretakan antara Prabowo dengan Gibran pascaramainya pemberitaan mengenai akun Fufufafa. Dasco mengatakan, Prabowo maupun Gerindra belum pernah membahas akun Fufufafa.

“Jadi akun itu aja enggak sempat dibahas apa-apa, bagaimana kemudian ngebikin keretakan, kan gitu,” ujar Dasco kepada wartawan di Gedung DPR RI, Kamis (12/9/2024).

Menurut dia, Prabowo tidak memusingkan soal isu komentar negatif dari Fufufafa serta dugaan akun tersebut dimiliki Gibran.

“Jadi yang begitu-gitu enggak pernah dibahas gitu loh. Jadi bagaimana kemudian seolah-olah keretakan lah atau segala itu,” kata Dasco.

Fakta yang Kabur

Menanggapi fenomena akun Fufufafa, Fauziah Astrid, Koordinator Wilayah Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) Makassar, menyatakan bahwa belum bisa dipastikan siapa pemilik akun tersebut.

"Teknologi canggih saat ini memudahkan manipulasi gambar dan tangkapan layar, sehingga mengaburkan fakta," jelas Fauziah kepada Suara.com, Minggu (15/9/2024).

Fauziah menambahkan bahwa komunikasi digital saat ini penuh tantangan dan sering menjadi lahan berkembangnya opini liar.

"Alat digital dapat menciptakan kebingungan publik, dan opini yang berkembang biasanya hanya bertahan sementara sebelum digantikan oleh isu lain," lanjutnya.

Fauziah juga mengingatkan bahwa dampak psikologis dari tuduhan seperti ini bisa berbahaya jika tidak ditangani dengan baik.

"Jika pihak tertuduh tidak kuat secara mental, hal ini dapat berdampak buruk," tutupnya.

Walau fakta mengenai akun Fufufafa masih kabur, namun masih ada akun-akun media sosial yang mencoba membuktikan bahwa Gibran sebagai pemilik akun Fufufafa.

Salah satunya adalah akun X Anonymous Indonesia yang melakukan doxing dengan mengunggah sejumlah data pribadi yang diklaim milik Gibran sebagai pemilik akun Kaskus fufufafa.

"Data pribadi akun Fufufafa telah dibocorkan oleh Anonymous dan AnonGhost Indonesia. Access Personal Data: t.me/YourAnonId/88," tulis akun X tersebut, dikutip pada Sabtu (14/9/2024).

Link yang dicantumkan dalam unggahan mengarah pada data pribadi milik Gibran Rakabuming. Informasi yang tertera mulai dari nama lengkap, tanggal lahir, nomor telepon hingga email dari anak sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut.

Begitu data pribadi diduga milik Gibran bocor di media sosial, netizen langsung mengecek nomor HP yang disebutkan di Getcontact, aplikasi untuk mengecek nama yang digunakan orang untuk menyimpan nomor ponsel kita.

Selain Gibran, muncul nama-nama seperti Gibran Jokowi, Mas Gibran, Gibran Raka, Mas Gibran Walikota, hingga Gibran Markobar saat nomor tersebut dimasukkan ke Getcontact.

Netizen juga mencoba login ke Kaskus dengan akun fufufafa memakai nomor telepon dan email yang dibocorkan, yakni [email protected]. Hasilnya, akun yang ditampilkan adalah Fufufafa. Chilli Pari merupakan nama usaha katering yang dijalankan Gibran sebelum terjun ke dunia politik.