Visi Misi Anies-Muhaimin, Dokumennya Paling Tebal Berisi 8 Jalan Perubahan

Visi Misi Anies-Muhaimin, Dokumennya Paling Tebal Berisi 8 Jalan Perubahan


Suara.com - Pasangan calon presiden (capres) Anies Baswedan bersama calon wakil presiden (cawapres) Muhaimin Iskandar telah menyerahkan dokumen visi dan misi dalam proses pendaftaran calon presiden dan wakil presiden 2024 beberapa waktu lalu. Apa saja visi misi Anies-Muhaimin?

Anies Baswedan menyatakan bahwa visi dan misi yang serahkan tersebut bertema perubahan Indonesia yang bertujuan untuk dirasakan perubahannya oleh para masyarakat di Indonesia. 

Visi misi itu merupakan keinginan Anies dan Cak Imin dalam perjalanan pencalonan sebagai presiden dan wakil presiden di Pilpres 2024. Dia ingin adanya keadilan dalam kesempatan kerja, pendidikan, dan kesehatan yang baik.

Dokumen visi misi Anies-Muhaimin memiliki tebal 143 halaman dan diberi nama "Indonesia Adil Makmur untuk Semua". Bahkan diantara capres lain, visi-misi Anies-Muhaimin termasuk yang paling tebal dokumennya. 

Visi Anies-Muhaimin

Pasangan capres cawapres ini menyadari jika perubahan adalah hal yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesejahteraan bagi semua rakyat.

Dengan inilah perubahan menjadi dasar gagasan, sehingga Anies dan Cak Imin mengusung visi “Indonesia Adil Makmur untuk Semua”.

Misi Anies-Muhaimin

Pasangan capres dan cawapres Anies - Cak Imin ini memiliki 8 misi utama untuk mewujudkan visi yang telah mereka buat. Adapun misinya ini disebut ‘8 Jalan Perubahan’. Berikut misinya:

  1. Memastikan Ketersediaan Kebutuhan Pokok dan Biaya Hidup yang Murah dengan Kemandirian Pangan, Ketahanan Energi, dan juga Kedaulatan Air.
  2. Menuntaskan Kemiskinan dengan Cara Memperluas Kesempatan Usaha dan Menciptakan Lapangan Pekerjaan, Mewujudkan Upah yang Berkeadilan, Menjamin Kemajuan Ekonomi Berbasis Kemandirian dan Pemerataan, serta Mendukung Penuh Atas Korporasi Indonesia Berhasil di Negeri Sendiri dan Bertumbuh di Dunia Global.
  3. Mewujudkan Keadilan Ekologi Berkelanjutan untuk Generasi yang Akan Datang. 
  4. Membangun Kota dan Desa yang Berbasis Kawasan Manusiawi, Berkeadilan serta Saling Memajukan.
  5. Mewujudkan Masyarakat Indonesia Sehat, Cerdas, Produktif, Berakhlak, serta Berbudaya.
  6. Mewujudkan Keluarga Indonesia Sejahtera dan Bahagia untuk Kekuatan Bangsa Indonesia. 
  7. Memperkuat Sistem Pertahanan Negara dan Keamanan Negara, serta Meningkatkan Peran dan Kepemimpinan Indonesia dalam Dunia Politik Global guna Mewujudkan Kepentingan Nasional dan Perdamaian di Dunia.
  8. Memulihkan Kembali Kualitas Demokrasi, Penegakan Hukum dan HAM, Pemberantasan Korupsi Tanpa Tebang Pilih, serta Menyelenggarakan Pemerintahan yang Berpihak kepada Rakyat Indonesia itu Sendiri. 

Untuk mewujudkan visi misi tersebut pasangan Anies-Muhaimin bakal melakukan beberapa program jika nanti mereka terpilih sebagai presiden dan wakil presiden selanjutnya. Apa saja program yang akan dikerjakan?

  1. Melakukan Revolusi Agromaritim, memberi bantuan alat pertanian hingga program BAHU DESA (Bantuan Hukum dan Usaha) untuk memastikan ketersediaan kebutuhan pokok dan biaya hidup murah
  2. Memperbaiki pemberian BLT yang sifatnya langsung dan meningkatkan program insentif
  3. Menciptakan minimal 15 juta lapangan pekerjaan baru termasuk green job
  4. Menegakkan peraturan soal tenaga kerja asing dan memberantas TKA ilegal
  5. Mendorong hilirisasi dan kebangkitan industri (reindustrialisasi)
  6. Membangun kawasan industri khususnya di berbagai wilayah luar Jawa
  7. Melakukan Revolusi Agromaritim dan memfasilitasi pembangunan rumah layak bagi keluarga nelayan
  8. Mencegah peningkatan impor produk kreatif seperti fashion, hijab dan batik
  9. Menjadikan Indonesia sebagai contoh negara yang sukses mengoptimalkan daur ulang
  10. Meningkatkan kapasitas Pemerintah Desa melalui pemberian akses pendidikan dan pelatihan yang berkualitas, termasuk beasiswa pendidikan
  11. Menambah Puskesmas baru, membangun satu Rumah Sakit kelas A setiap provinsi,
  12. Bantuan khusus untuk para ibu yang juga menjadi kepala keluarga
  13. Mengembangkan teknologi pertahanan antariksa bekerja sama dengan institusi nasional dan Kementerian/Lembaga terkait
  14. Mendorong jumlah anggota TNI/Polri perempuan untuk mengisi jabatan perwira tinggi dan menaikkan persentase minimal perempuan dalam setiap rekrutmen TNI/Polri
  15. Memperbaiki skor Indeks Persepsi Korupsi Indonesia ke 44-46 (2029) termasuk mendorong pengesahan RUU Perampasan Aset
  16. Menjadikan Kuala Tanjung sebagai simpul internasional
  17. Mewujudkan pembangunan infrastruktur kereta di Kalimantan
  18. Menjadikan Sulawesi sebagai pusat riset dan inovasi di kawasan Timur Indonesia
  19. Menggaungkan Ambon sebagai Kota Musik Dunia
  20. Mengembangkan jaringan telekomunikasi dan internet murah di seluruh Papua

Itulah visi misi Anies-Muhaimin sebagai pasangan capres dan cawapres yang diusung oleh Partai Nasdem, PKS dan PKB yang dapat Anda ketahui. 

Kontributor : Rishna Maulina Pratama