INFOGRAFIS: Perbandingan Jam Sekolah di Asia Tenggara

INFOGRAFIS: Perbandingan Jam Sekolah di Asia Tenggara


Suara.com - Kebijakan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat yang memajukan jam belajar siswa SMA di wilayah tersebut memancing kontroversi.

Banyak pihak yang menolak kebijakan tersebut karena akan berdampak pada banyak hal. Apalagi jam belajar siswa juga tetap dan tidak berubah.

Viktor Laiskodat berkilah dengan masuk sekolah lebih pagi akan membuat performa siswa lebih baik sehingga bisa mencetak manusia sukses dari NTT. Bahkan yang paling penting meningkatkan kualitas pendidikan di NTT.

Sejumlah alasan tersebut pun kemudian menjadi perhatian dari Anggota DPR hingga perhimpunan profesi guru yang menilai jika kebijakan tersebut tidak membuat siswa lebih baik. Bahkan menambah beban baru.

Jika menengok negeri jiran di sekitar Indoneia, kebijakan sekolah pagi tidak ada yang memulai dari jam 05.00. Vietnam misalnya memulai jam pelajaran sekolah pada jam 07.00, karena dibagi dalam dua shift sekolah.

Bahkan negara tetangga yang sangat dekat dengan Indonesia dan memiliki kualitas sumber daya manusia yang jauh di atas-atas orang Asia Tenggara, Singapura memulai jam pelajaran siswanya pada pukul 08.30.

Infografis perbandingan jam sekolah. [Suara.com/Iqbal]
Infografis perbandingan jam sekolah. [Suara.com/Iqbal]